Ayam Jawara Asli Indonesia

Diposting pada

Ayam Jawara Asli IndonesiaAyam Raja Nusasantara Asli Indonesia

Ayam Jawara Asli Indonesia adalah ayam berasal dari Indonesia. Dan sering dipakai sebagai ayam aduan sebelum ayam luar masuk ke Indonesia.

Ayam aduan terkenal tidak hanya dari luar negeri. Akan tetapi Indonesia juga memiliki jagoan – jagoan dalam bermain sabung ayam. Dimana unggas ini memiliki nama tersendiri sebelum unggas import masuk ke Indonesia.

Julukan dari ayam lokal jawara tersebut sering di sebut dengan Empat Raja Nusantara. Dimana unggas ini merupakan unggas yang murni berasal dari Indonesia.

Untuk Empat Raja Nusantara ini merupakan empat ayam yg menjadi bukti dimana permainan sabung ayam di Indonesia asli sudah ada sejak jaman dahulu. Bahkan konon katanya, permainan sabung unggas jawara asli Inodnesia tersebut sudah ada semenjak jaman kerajaan majapahit.

Dan ke Empat Raja Nusantara ini sempat menjadi ayam jawara yang ada di Indonesia asli. Dan terkenal susah untuk dikalahkan pada era berjayanya.

Empat Jenis Ayam Aduan di Indonesia asli

Dengan melihat masa berjayanya dahulu, saat sebelum masa ayam Bangkok dan lainnya masuk ke Indonesia asli seperti pada saat ini. Maka akan sangat normal apabila dahulu terdapat tipe unggas yg benar – benar tangguh sebagai ayam petarung di arena sabung ayam.

Dan dahlu terdapat 4 jenis ayam yang mampu merajai pasaran unggas di Indoensia. Dimana berikut ini adalah jenis – jenis unggas yg dahulu menjadi juara di arena sabung ayam dan pasaran di Indonesia asli.

Ayam Ciparage

Ayam petarung ini memanglah berasal dari daerah perkampungan Ciparage, Cilamaya, Kab. Karawang, Jabar. Ayam jawara ini adalah asli unggas Indonesia asli dengan karakteristik khas petarung jawara yang luar biasa.

Bentuk badan yg kuat mirip dengan ayam Bangkok, tetapi sedikit lebih kecil. Serta bentuk badan lebih ramping dengan kelincahan seperti unggas birma. Kepala memiliki ukurang yang bisa di bilang normal, sayap rapat serta besar.

Bulu ayam jawara ini akan lebat pada bagian ekor. Terdapat 2 tipe corak yg dimiliki jenis unggas ini. Dimana terdapat corak seperti burung jalak dan juga ayam ciparage corak jali emas.

Dengan tpe corak ini adalah tipe jalak lebih banyak mendominasi corak gelap dan mengkilat bulunya. Kecuali pada bagian leher yang lebih mendominasi corak emas.

Dan tipe jali emas lebih didominasi corak coklat keemasan. Teknik bertarung seperti birma yg cerdik, cepat dan juga memiliki teknik bertarung pukul lari. Dan memiliki Pukulan akurat pada kepala serta napas panjang.

Dari beragam sumber di sebutkan ayam jawara ini miliki cara bertarung yang amat cepat seeprti ayam jawara Jawara Asli Indonesia asli birma, pukulannya yg akurat dan bertubi- tubi yang di arahkan dengan akurat ke arah kepala dan leher lawan hingga ayam jawara ciparage bisa menaklukkan ayam jawara dengan bobot yg terus menjadi besar.

Pukulan itu sangat mematikan untuk ayam jawara petarung dan disenangi oleh pencinta ayam jawara aduan. Di saat ini populasi ayam jawara ciparage muni sedikit sekali sebab sedikitnya pelestarian dan banyak kawin silang yang di campur betina dengan jenis lain.

ayam jawara Bali

ayam jawara aduan yg satu ini berasal dari bali. Untuk masalah performa, ayam jawara bali sama tangguhnya dengan ayam jawara Saigon. Mempunyai karakteristik khas yang mirip juga.

Salah ciri khasnya memiliki trondol pada bagian leher. Dan yg unik, posturnya besar serta padat.

Saat ini, ayam jawara bali sering dipakai sebagai salah satu induk dengan ayam jawara Bangkok serta lain untuk mendapatkan bibit petarung yang lebih kuat dari ayam jawara bangkok pada umumnya.

ayam jawara Banten

ayam jawara kelas petarung satu ini mempunyai bentuk badan badan yang tegap, tersebar dan banyak ditemukan di wilayah banten. Untuk ayam jawara banten hampir mirip dengan ayam jawara Bangkok, cuma lebih pendek sedikit pada bagian leher ekor memiliki ukuran yg cukup normal.

Kaki juga panjang dengan tulang yang lebih kokoh dibandingkan tulang ayam jawara pada biasanya. Diketahui bagaikan petarung terkuat di arena laga pasti memiliki beberapa kelebihan tarung.

Mulai dari serangan yg keras serta mematikan apalagi sanggup membuat lawan tumbang secara cepat. Mempunyai kaki yang panjang membuat serangan diudara menjadi mematikan sehingga sanggup memberikan luka yg cukup ke arah badan lawan.

ayam jawara Tolaki

Unggas jawara satu ini ialah asli 100% Indonesia asli juga. Sayap lebih tebal, rapat dengan badan. Juga memiliki ciri yang cukupunik dimana bentuk kepala bundar. Unggas jawara laga Tolaki jawara diberkati dengan paruh kokoh pendek serta ujung melengkung tajam.

Dengan teknik bertarung menyerang dengan membabi buta serta sekaligus mengandalkan gaya ngalung dan juga nyayap. Pukulan akurat serta tepat pada target dengan lompatan jauh lebih tinggi. Ciri unggas jawara ini bisa di lihat sebagai berikut.

1. Postur Tegap Dan Ramping

Postur pada Ayam Tolaki tidak besar, akan tetapi tegap dan ramping. Badannya yg ramping menyebabkan unggas ini dapat menyerang dengan gesit dan cepat seperti kilat. Kelebihan ini bisa terlihat pada saat ayam itu melakukan pertandingan dalam ajang laga.

2. Bulu

Bentuk bulu pada Ayam Tolaki mirip seperti pada ayam lainnya. Dimana Corak bulu unggas ini rata- rata dari campuran corak kuning gelap dan cokelat. Akan tetapi terkadang terdapat unggas jawara dari Tolaki ini memiliki corak polos putih.

3. Jengger

Jengger ayam Tolaki condong lebih kecil dengan corak merah hitam. Mempunyai bentuk nyaris seragam dengan jengger unggas aduan jenis yang lain.

Baca juga : Petarung Handal Sabung Ayam