Guna Buah Ayam Petarung

Diposting pada

Guna Buah Ayam Petarung di Indonesia

Guna Buah Ayam Petarung dapat kalian ketahui dengan mudah. Dimana buah – buahan memiliki gizi dan vitamin yang diperlukan oleh Ayam.

Karena buah – buahan memiliki gizi yang baik, dimana ayam yang mengkonsumsi secara teratur akan memiliki daya tahan dan kesehatan yang terjaga.

Dan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi untuk ayam aduan dalam bertarung di arena sabung ayam. Kalian bisa berikan buah – buahan yang matang dan juga memiliki kualitas yang baik.

Karena kebutuhan ayam aduan untuk bertarung diperlukan perhatian yang khusus. Sehingga hal tersebut tidak boleh di remehkan, karena  hal tersebut menjadi faktor.

Dimana ayam akan memiliki kesehatan yang baik. Serta memiliki performa terbaik dalam bertarung melawan ayam lawan dalam bertanding sabung ayam.

Buah – buah tersebut juga bisa di gunakan sebagai bahan jamu. Baik berbentuk cair untuk diminum maupun dalam bentuk pakan.

Terdapat berbagai jenis buah yang bisa menjadi penambah peluang untuk kemangan ayam. Dimana kalian akan ketahui beberapa contoh buah yang bisa di pakai sebagai pakan ayam yang baik.

Guna Buah – Buahan Untuk Petarung

Untuk buah – buahan untuk unggas petarung bisa di berikan secara langsung, dan dapat juga di proses terlebih dahulu sebagai bahan jamu maupun ramuan alami.

Dimana berikut ini adalah jenis buah – buahan yang bisa di pakai sebagai pakan sehat yang memiliki banyak Guna untuk unggas aduan.

1. Buah Mengkudu

Mengkudu termasuk buah yang biasa dijadikan sebagai bahan pembuatan jamu dan juga racikan herbal. Pada beragam wilayah buah yang satu ini memiliki banyak istilah yaitu mengkudu dan juga buah pace.

Karakteristik buah mengkudu yaitu berbentuk lonjong dan juga bercorak hijau, apabila buah telah tua akan bercorak agak kuning.

Untuk ayam aduan buah mengkudu memiliki beragam Guna, antara lain sebagai jamu dan juga obat luka luar pada ayam. Tidak hanya itu buah mengkudu baik diberikan secara teratur pada ayam untuk melindungi daya tahan tubuh ayam.

2. Buah Tomat

Pemberian tomat telah jadi kebiasaan umum para penggemar ayam aduan. Ada banyak sekali Guna dan juga Guna tomat untuk ayam bangkok aduan.

Tomat sering kita anggap sebagai sayur – sayuran, tetapi sebenarnya tomat adalah tipe buah- buahan. Dan tomat memiliki berbagai Guna termasuk banyak sekali nutrisi dan juga yang sangat kaya akan vitamin A yang besar.

Tomat sangat baik untuk sistem pencernaan ayam, melindungi daya tahan tubuh dan juga memiliki serat yang banyak. Tidak hanya itu tomat dapat dijadikan obat untuk beragam penyakit ayam seperti penyakit ngorok dan juga merendahkan berat tubuh ayam yang sangat gendut.

3. Buah Pinang

Guna buah pinang atau jambe untuk ayam bangkok aduan sangat banyak sekali. Salah satunya adalah sebagai obat dan juga menghindari ayam agar tidak mudah terserang penyakit cacingan.

Tidak hanya itu biji pinang bermanfaat untuk diberikan pada ayam agar pencernaan dan juga sistem daya tahan badannya terpelihara.

Racikan buah jambe telah dipercaya efektif untuk ayam semenjak jaman dahulu dan juga sudah jadi ramuan turun – temurun.

4. Buah Pisang

Buah ini selain sangat enak, dan memiliki banyak Guna untuk ayam bangkok.

Pisang termasuk salah satu buah yang kaya akan gizi dan juga memiliki serat sehingga baik untuk makhluk hidup.

Pemberian pisang untuk ayam bisa menjadi alternatif pengganti sayur – sayuran untuk melindungi sistem pencernaan ayam agar selalu sehat. Setelah itu buah ini dan juga baik untuk peredaran darah.

5. Pepaya

Buah pepaya atau yang sering disebut dengan kata kates yang memiliki vitamin A dan juga E yang begitu besar. Untuk peternak unggas pepaya bisa dijadikan tambahan pakan yang baik untuk menghemat pengeluaran pakan ternak.

Pepaya sangat cocok jika dikombinasikan dengan pur (voer), dedak dan juga nasi kemudian diberikan sebagai ramuan pakan ayam.

Buah pepaya baik sekali untuk tahap perkembangan unggas, memperlancar pencernaan dan juga meningkatkan reproduksi hewan ternak.

6. Buah Naga

Pemberian buah naga pada ayam masih tidak sering di lakukan, tetapi sebagian peternak memberikan buah naga untuk penuhi kebutuhan nutrisi pada unggas.

Buah naga memiliki vitamin B1 dan juga B2 yang besar sehingga baik untuk meningkatkan daya tahan ayam aduan.

Jadi buah naga sangat cocok jika sebagai pakan tambahan untuk ayam yang gampang letih atau memiliki daya kurang baik.

7. Sawit

Pada wilayah dekat perkebunan, umumnya peternak menggunakan limbah hasil pengolahan sawit sebagai pakan hewan ternak.

8. Mahkota Dewa

untuk kandungan yang terdapat pada buah mahkota dewa ini telah banyak yang berpendapat baik untuk kelangsungan perkembangan ayam untuk sabung ayam. Hingga dari itu banyak yang mencari buah tersebut untuk ayam miliknya.

Untuk Isi dari kandungan yang terdapat pada buah tersebut adalah sebagai berikut.

Kandungan Alkalodi, zat ini bisa diberikan kepada ayam yang dalam kondisi darurat. Dan bisa diberikan di saat ayam kita terserang racun yang bisa menewaskan ayam tersebut dengan waktu yang cepat. Seperti terserang bisa racun ular maupun racun dari pakan yang di makannya.

  • Dengan memberikan buah ini secara teratur untuk ayam petarung hingga akan meningkatkan daya tahan tubuh ayam tersebut dan juga sulit untuk terkena virus yang mungkin akan menyerang tubuh ayam tersebut.
  • Zat Flavonoid yang berperan untuk memperlancar dari peredaran darah pada tubuh ayam tersebut. Dengan peredaran darah yang mudah hingga ayam kita nampak segar, tidak hanya itu dan juga akan pengaruhi dari kekuatan serangan ayam tersebut di saat bertanding di arena pertandingan ayam.
  • Polifenol, zat ini bisa melenyapkan dari alergi yang menyerang tubuh ayam tersebut saat diberikan obat yang tidak sesuai untuk ayam tersebut.

Baca juga : Ciri Ayam Bangkok Pemenang