Penyakit Cacingan Ayam Bangkok

Diposting pada

Penyakit Cacingan Ayam BangkokPenyakit Cacingan pada ayam bangkok

Cacingan pada ayam bangkok adalah salah satu penyakit yang sempat di temui di nyaris seluruh hewan dan juga juga manusia, termasuk ayam.

Dimana penyakit tipe ini adalah penyakit yang sering di alami nyaris seluruh mahluk hidup di daratan.

Dan juga pada biasanya cacingan akan menjangkit ayam bangkok yang di sebabkan oleh parasit di dalam badan unggas tersebut. dan tipe unggas lain juga bisa terkena oleh cacingan. contohnya seperti unggas yang di manfaatkan daging dan juga telurnya.

Pemicu lain dari cacingan tidak hanya terdapatnya parasit masih memiliki banyak aspek lain yang wajib di perhatikan. Dimana penyakit ini akan memunculkan kerugian tertentu baik ayam yang di timbulkan oleh penyakit cacingan ini.

Terdapat beberapa ciri dimana ayam bangkok memperoleh penyakit cacingan ini. Pada biasanya untuk unggas yang terserang cacingan akan memiliki produktivitas yang menyusut, di antara lain telur yang di hasilkan akan menyusut kualitasnya, perkembangan anak unggas melambat.

Dan juga bila penyakit ini tidak lekas di tanggulangi, maka ia bisa kehabisan nyawanya sebagai konsekuensi terburuk. Oleh karena itu berikut ini merupakan beberapa hal yang menjadi aspek mengapa unggas hadapi cacingan.

Aspek terjangkitnya cacingan pada unggas petarung

Kandang dari ayam bangkok kurang bersih

Salah satu aspek mengapa ayam bangkok hadapi cacingan yang awal merupakan kebersihan kandang dimana unggas tersebut tinggal ataupun tidur. Dimana kebersihan kandang yang kotor akan menimbulkan unggas memiliki penyakit cacingan ini.

Kandang kotor merupakan keadaan yang menimbulkan kuman dan juga juga bakteri untuk penyakit tersebut. Hal ini termasuk virus dan juga kuman lain yang tidak bisa di amati dengan mata telanjang. Yang akan menimbulkan penyakit ini timbul pada unggas peliharaan sabung ayam.

Apabila unggas petarung kamu terserang penyakit cacingan ini, maka telur cacing bisa terbuang bersama kotoran ayam. Akan namun bila keadaan kandang tidak di bilas secara tertib ataupun teratur, maka telur cacing yang terdapat di dalam badan unggas akan terinkubasi dan juga berkembang di dalam badan ayam.

Sehabis cacing menjadi dewasa, mereka akan bereproduksi dalam badan yang sehat. Bila di perkenankan, penyakit ini akan tumbuh biak sampai unggas mati lemas.

Pakan ayam

Pemicu lain untuk ayam terserang cacingan merupakan dari pakan yang di makan unggas. Penyebaran penyakit cacingan ini bisa terjalin di dalam pakan unggas dimana hal tersebut adalah hal yang bisa terjalin dan juga menjadi rawan.

Oleh karena itu yakinkan pakan ayam yang di beri kepada unggas adalah pakan yang bermutu dan juga bersih. Mengapa pakan adalah salah satu aspek penyebabnya?

Karena pakan unggas terkadang terdapat yang tidak di olah ataupun di sterilkan terlebih dulu. Contoh pakan ini seperti dedak dan juga juga jagung.

Meski pakan tersebut baik untuk unggas bangkok. Apabila pakan ayam tidak di olah dengan baik, hal ini dapat menjadi sumber penyakit cacing yang bisa menjangkit unggas sehat.

Kecoa yang dimakan oleh ayam

Aspek lain pemicu penyakit cacingan pada ayam merupakan serangga. dimana salah satu serangga yang sering di jumpai di wilayah peternakan ataupun rumah merupakan kecoa.

Dimana unggas cenderung makan apa saja yang terdapat di tanah. Sehingga hal ini adalah salah satu pemicu unggas terserang cacingan.

Pada biasanya, badan kecoak adalah sarang dari penyakit- penyakit seperti cacing yang apabila di makakn oleh ayam bangkok. Akan menjadi sumber penyakit cacing, hal ini bisa di jauhi dengan memberi tempat makan khusus memakai pakan bermutu di dalam kandang.

Bangkai hewan yang dimakan oleh ayam

Tidak hanya kecoak, hewan lain yang menimbulkan penyakit cacingan merupakan bangkai dari beragam hewan. Karena hewan yang sudah menjadi bangkai adalah sarang penyakit untuk mahluk hidup yang lain.

Dimana salah satunya merupakan cacing yang termakan oleh ayam. Hal ini seperti yang di sebutkan tadinya, karena unggas akan memakan apa saja yang ia anggap sebagai pakan.

Oleh karena itu, yakinkan senantiasa mengawasi area dimana ayam sering terletak ataupun di dalam kandang. Sehingga bila terdapat bangkai hewan lain, terdapat baiknya bangkai tersebut di bakar habis supaya bibit penyakit lain turut musnah.

Indikasi ayam terserang penyakit cacingan

Berikut ini merupakan beberapa indikasi yang bisa terlihat pada ayam yang terkena penyakit cacingan.

Perkembangan pada anak ayam tidak wajar( melambat)

Untuk anak ayam yang terkena oleh penyakit ini akan sulit untuk berkembang membengkak. Meski hal ini bisa terkena pada anak ayam, akan namun yang berusia juga bisa terserang penyakit cacingan ini.

Hal ini di karenakan oleh cacing yang menyantap gizi dan juga nutrisi di dalam pakan yang di lahap oleh ayam bangkok.

Penyusutan kualitas pada telur ayam( khusus ayam petelur)

Untuk yang terserang cacingan, telur yang di hasilkan oleh unggas petelur akan menyusut kualitasnya. Dimana hal ini akan pengaruhi ukurang telur yang kecil, cangkang menjadi tipis/ tidak keras, dan juga corak dari telur ayam bangkok tidak seperti pada telur sehat pada biasanya.

Kematian pada ayam yang mengurus

Bila penyakit unggas ini di perkenankan terus menerus, maka unggas akan menjadi kurus, dan juga mati lemas. Karena seluruh kandungan baik dalam pakan yang di makan oleh unggas di serap oleh cacing di dalam badan ayam bangkok.

Baca juga : Petarung Saigon Sabung Ayam