Petarung Saigon Sabung Ayam

Diposting pada

Petarung Saigon Sabung AyamPetarung Saigon Sabung Ayam di Indonesia

Petarung Saigon Sabung Ayam adalah ayam petarung yang berasal dari Vietnam. Saigon asli akan memiliki chiri khas unik yang mudah di kenali.

Ayam saigon merupakan jenis petarung di arena sabung petarung yang sudah sering terdengar dan di perbincangkan di Indonesia. Dimana ayam tersebut merupakan petarung yang telah memiliki nama sebagai jagoan di arena sabung ayam.

Dimana kepopuleran ayam tersebut sudah menyebar hingga seluruh Indonesia. Bahkan seluruh Bumi di tempat – tempat pertarungan sabung petarung sering di gelar.

Untuk kali ini, kita akan membahas berbagai hal tentang ayam petarung saigon. Dimana petarung tersebut memiliki keturunan genetik mha chi yang menyebabkan tidak adanya bulu sama sekali pada bagian kepala dan juga pada bagian leher.

Selain itu, petarung saigon tersebut memiliki tubuh yang bisa di bilang besar dan juga postur yang gagah. Yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para kolektor dan juga para pengadu ayam yang tertarik dengan petarung dari vietnam ini.

Sejarah Petarung Ayam Saigon

Ayam saigon adalah petarung yang di kembangkan di negara Vietnam. Dimana jenis petarung ini sudah sangat familiar terdengar di telinga para pecinta sabung ayam online.

Pada umumnya, karakteristik dari petarung saigon adalah memiliki tubuh yang gagah. Selain itu, otot – ototnya bisa di bilang kekar tanpa harus di latih.

Dan seperti yang telah di sebutkan sebelumnya, petarung saigon sabung ini memiliki suatu ciri khas yang unik. Dimana petarung ini terkenal akan leher dan kepalanya yang tidak memiliki bulu sama sekali.

Walaupun memiliki tubuh yang besar dan terlihat gagah, ayam petarung jenis ini tidak terlalu di minati oleh beberapa pengadu. Hal tersebut di karenakan petarung ini tidak terlalu pandai untuk mencari celah dari lawan dan menyerang balik.

Dan ayam petarung ini juga sering di sebut sebagai sabung ayam yang memiliki gerakan lambat. Baik itu dalam gerakan mengelak pukulan lawan, maupun gerakan untuk melakukan serangan balik.

Beberapa waktu silam, ada berita yang cukup mencengangkan, karena ada rumor bahwa ayam saigon merupakan petarung yang asal usulnya tidak berasal dari vietnam. Akan tetapi petarung ini rumornya berasal dari Madagaskar.

Dan pada awalnya, petarung jenis Ganoi di vietnam merupakan ayam aslinya. Yang masih memiliki bulu pada bagian kepala dan juga lehernya.

Akan tetapi rumor tersebut telah di patahkan oleh sesorang dari vietnam pada atahun 190 an. DImana ia membawa ayam perliharaannya sehingga nama petarung saigon terkenal dan menyebar luas dengan cepat di vietnam dan di dunia.

Dan untuk para pemula yang ingin mengetahui ciri untuk ayam saigon asli yang ada di Indonesia, berikut akan kita bahas secara lengkap beberapa hal yang perlu di perhatikan.

Ciri Saigon Asli Vietnam

Untuk kalian yang inign mengetahui ciri asli untuk petarung asal vietnam ini. Berikut adalah beberapa hal yang harus kalian perhatikan dalam membeli maupun mencari ayam petarung vietnam Saigon Asli.

1. Ayam petarung dari vietnam asli tidak akan tumbuh bulu sama sekali pada bagian leher, dan juga kepalanya. Dimana di Indonesia, kalian dapat menemukan petarung saigon yang masih memiliki bulunya pada bagian leher sedikit.

Ciri tersebut merupakan ciri dimana ayam saigon tersebut merupakan petarung hasil kawin silang dengan petarung lokal. Oleh karena itu, ayam saigon dengan ciri ini merupakan petarung saigon yang tidak murni.

Terkadang terdapat peternak curang yang memberikan minyak khusus kepada ayam saigon hasil kawin silang, agar bulunya rontok. Oleh karena itu, berhati – hatilah dalam membeli petarung petarung saigon.

2. Untuk kualitas ayam saigon yang baik, pastikan kalian memilih petarung saigon yang bulunya jarang atau tipis.  Dan pastikan petarung saigon yang kalian beli memiliki ekor yang pendek.

3. Dan untuk mendapatkan ayam yang tahan akan serangan – serangan lawan. Kalian dapat cari petarung petarung saigon yang tubuhnya tinggi, dan memiliki postur tegak.

Dimana ciri tersebut, merupakan ciri dimana ayam saigon akan susah untuk di kalahkan walaupun memiliki gerakan yang lambat.

4. Walaupun terkenal sebagai ayam yang memiliki berat dan ukuran badan besar. Pastikan kalian melatih petarung saigon dengan baik, dan dapat di lakukan dengan pelatihan fisik, dan juga melakukan penjemuran agar petarung selalu sehat.

Oleh karena itu, kekurangannya dalam melakukan gerakana cepat dapat di kurangi dengan melakukan perkawinan silang. Yang bisa di lakukan agar mendapatkan keturunan petarung saigon yang gerakannya lebih cepat dari ayam saigon asli.

Perawatan Petarung Saigon Asli

Bagi kalian yang ingin memiliki gaya bertertarung ayng baik dengan ketahanan serangan dari ayam lain. Maka anda dapat kawinkan silang saigon asli dengan petarung asli bangkok.

Karena bibit yang di hasilkan akan memiliki sifat dominan dari perjantan indukannya. Karena ayam bangkok terkenal dengan serangannya yang kuat dan juga mampu menahan serangan – serangan dari lawan.

Dalam melakukan perawatan, tiap ayam harus di perlakukan berbeda – beda. Dimana dengan perawatan yang cocok dengan pelatihan yang baik.

Kualitas petarung yang ada pada ayam saigon akan meningkat dan kalian dapat latih petarung dari kecil hingga dewasa. Untuk perawatan yang baik, pastikan kalian memiliki kandang dengan sirkulasi atau pergantian udara yang baik.

Selain itu, kebersihan kandang dan juga pakan ayam sangat penting untuk menjaga kualitas petarung saigon dan juga kesehatan petarung saigon yang baik.

Baca juga : Perawatan Ayam Adu Musim Hujan